Produk pertanian adalah salah satu komoditas ekspor unggulan yang dapat menghasilkan nilai devisa yang sangat tinggi. Terkadang, seseorang tidak menyadari bahwa produk yang ia miliki adalah produk ekspor yang dicari oleh pembeli diluar negeri. Sayangnya, keuntungan dari tingginya nilai penjualan produk ke luar negeri tidak dapat dinikmati secara langsung oleh petani. Hal ini terjadi karena para petani belum mengetahui cara menjual produknya secara langsung keluar negeri.
Produk ekspor disekitar kita
Jika dilihat dari jumlah penduduk yang berpotensi menjadi pembeli, potensi pasar diluar negeri sangat besar. Data statistik menunjukkan, 97% calon pembeli berada diluar negeri dengan Tiongkok sebagai negara dengan potensi pembeli terbesar sejumlah 1,4 Milyar penduduk atau 18% dari total potensi pembeli diseluruh dunia. Pada urutan selanjutnya, diisi oleh India dan Amerika Serikat dengan masing-masing 17% dan 4,3%.
Ketika seseorang hendak memasarkan produknya ke luar negeri sebagai komoditas ekspor, hal yang paling sulit untuk dihadapi adalah mendapatkan pembeli. Selain cara mudah untuk mendapatkan pembeli, hal lain yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan dunia digital yang saat ini semakin dekat dengan masyarakat termasuk petani. Keterikatan masyarakat dengan dunia maya sangat didukung oleh peningkatan teknologi dibidang komunikasi khususnya internet. Pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 175.4 juta orang dengan pengguna smartphone sebesar 54,6%. Pengguna media sosial sebesar 160 Juta orang atau sebesar 59 % dari total populasi masyarakat 1
Berikut beberapa website dan media sosial yang dapat dijadikan wadah untuk memasarkan produk
www.go4worldbusiness.com
Webisite ini menampilkan dua kategori utama yaitu buyer dan suplier sehingga tidak hanya berfungsi untuk memasarkan produk, tetapi juga dapat dipakai untuk mencari pemasok. Selain itu, menu search juga dapat digunakan untuk langsung mencari produk yang diinginkan. Tampilan websitenya mudah dipahami serta dapat menampilkan data spesifikasi yang jelas
www.tradeboss.com
Website listing yang hampir sama dengan www.go4worldbusiness.com, hanya tampilannya yang sedikit lebih rumit. Webiste ini merupakan b to b marketplace yang menjadi wadah pemasaran produk ke seluruh dunia.
www.agromaret.com
Website lokal khusus untuk produk pertanian di Indonesia. Karena sifatnya lokal, maka target utama pemasarannya adalah pembeli dari dalam negeri. Tapi, tidak menutup kemungkinan akan ada pembeli yang berasal dari luar negeri. Tampilan webnya mudah dipahami dan digunakan. Selain menampilkan data produk pada, website ini menampilkan daerah asal dari masing-masing produk
www.linkedin.com
Linkedin dikenal sebagai sosial media profesional. Setiap orang dapat terkoneksi dengan profesional lain yang merupakan bagian dari suplay chain atau procument dari produk yang kita miliki. Langkah awal untuk penggunaan sosial media ini secara baik adalah memperbaiki profil agar dapat menampilkan portofolio yang akan di cari orang lain.
www.facebook.com
Media sosial ini sangat umum dipakai saat ini bersama dengan Instagram. Pemasaran produk dapat menggunakan media market place ataupun group-group komunitas. Selain itu, proses pemasaran juga dapat memanfaatkan media ini untuk pemasangan iklan produk. Kelebihan dari sosial media ini adalah jumlah pemakai yang sangat besar sehingga potensi pertemuan dengan pembeli juga sangat besar
Selamat memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Petani indonesia pasti bisa go internasional
Tags:
Pertanian